Oleh:
Adi
Saputra, M.Pd
Hari-hari ke depan orang tua akan
disibukkan dengan mencari sekolah untuk anak tercintanya. Maka seharusnya lah
orang tua mencari sekolah yang baik demi masa depan anak-anaknya. Saat ini
banyak sekolah yang menyatakan mereka adalah sekolah-sekolah yang baik
(unggul), namun jangan sampai orang tua tertipu dengan publikasi mereka.
Sekolah yang baik atau unggul seharusnya mengutamakan proses pembelajaran dari
pada hasil belajar.
Saat ini banyak sekolah unggul atau sekolah yang
diunggul-unggulkan. Sekolah unggul memang unggul dalam prosesnya tanpa melihat
hasil dulu, hasil merupakan produk iringan dari proses. Kalau proses baik
seharusnyalah hasil juga baik. Sedangkan sekolah yang diunggul-unggulkan hanya
melihat hasil tanpa memikirkan proses. Sekolah ini melakukan berbagai cara agar
kelihatannya bagus atau dengan istilah lain melakukan pencitraan. Disamping itu
juga dari ciri-ciri sekolah unggul yang dihasil dari berbagai penelitian
menunjukkan tidak ada secara jelas menunjukkan harus dengan sarana yang serba
wah dan dengan dana yang besar. Jadi sekarang sekolah Anda termasuk yang mana? Atau
bagi orang tua apakah ciri-ciri sekolah unggul itu? Agar lebih mudah melakukan
penilaian maka dapat Anda lihat pada
rangkuman ciri-ciri sekolah unggul berikut yang berasal dari berbagai
penelitian para ahli seperti di bawah ini:
1.
Staf profesional yang
berkomitmen dan mempunyai keyakinan bahwa semua siswa bisa belajar. Waktu yang
dibutuhkan oleh siswa untuk mempelajari materi yang sama mungkin sangat
bervariasi tergantung pada potensi yang dimiliki siswa tersebut.
2.
Para guru memiliki harapan
tinggi terhadap siswa mereka. Guru juga percaya dalam upaya mereka untuk
membuat perbedaan dalam kehidupan para siswanya.
3.
Siswa percaya bahwa kesuksesan
mereka di sekolah terkait dengan berapa keras mereka berusaha dan bukan kepada
hanya kemampuan bawaan.
4.
Fungsi utama sebagai pemimpin
sekolah adalah mensosialisasikan visi dan misi sekolah serta mengispirasi semua
staf untuk bergerak menuju tujuan tersebut.
5.
Lingkungan sekolah yang aman dan
tertib.
6.
Melanjutkan program pengembangan
profesional dengan memberikan motivasi dan fasilitas.
7.
Tegas, konsisten dan jelas dalam
menegakkan aturan. Perilaku mengganggu dan berbahaya tidak ditolerir. Aturan dan
harapan secara jelas dikomunikasikan kepada semua komponen yang ada di sekolah.
8.
Iklim kerjasama terlihat di
antara staf. Mereka bekerja sebagai sebuah tim. Kerjasama menjadi bagian dari
budaya sekolah. Hubungan yang saling mendukung ada di antara pimpinan dengan
staf.
9.
Siswa bersekolah dengan
menunjukkan semangat tingkat tinggi. Mereka mengenali dengan baik sekolah
mereka dan merasa nyaman berada di sekolah.
10.
Efektivitas pembelajaran dijaga.
Gangguan dalam kegiatan pembelajaran diminimalkan.
11.
Orang tua merasa diterima di
sekolah. Masyarakat mendukung program sekolah.
12.
Kemajuan siswa secara sistematis
dipantau.
13.
Dihimbau agar staf memberikan
masukan dalam mengambil suatu keputusan.
14.
Sikap siswa terhadap
penyelesaian tugas tinggi.
15.
Penekanan pada pengembangan
keterampilan dasar akademik siswa.
16.
Penekanan pada kontinuitas
pembelajaran dari satu kelas ke kelas berikutnya.
Demikianlah
ciri-ciri sekolah unggul, namun kalau kita simpulkan sekolah unggul ada
beberapa komponen yang perlu diperhatikan. Komponen-komponen tersebut antara
lain adalah iklim sekolah yang positif; proses perencanaan; harapan terhadap
prestasi akademik; pemantauan terhadap kemajuan siswa; guru yang efektif; kepemimpinan
kepala sekolah; pelibatan orang tua; kesempatan, tanggungjawab dan partisipasi
siswa; ganjaran dan insentif di sekolah; tata tertib dan disiplin di sekolah;
dan pelaksanaan kurikulum di sekolah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar