Minggu, 31 Januari 2016

CIRI-CIRI SEKOLAH UNGGUL



Oleh:
Adi Saputra, M.Pd

            Hari-hari ke depan orang tua akan disibukkan dengan mencari sekolah untuk anak tercintanya. Maka seharusnya lah orang tua mencari sekolah yang baik demi masa depan anak-anaknya. Saat ini banyak sekolah yang menyatakan mereka adalah sekolah-sekolah yang baik (unggul), namun jangan sampai orang tua tertipu dengan publikasi mereka. Sekolah yang baik atau unggul seharusnya mengutamakan proses pembelajaran dari pada hasil belajar.
Saat ini banyak sekolah unggul atau sekolah yang diunggul-unggulkan. Sekolah unggul memang unggul dalam prosesnya tanpa melihat hasil dulu, hasil merupakan produk iringan dari proses. Kalau proses baik seharusnyalah hasil juga baik. Sedangkan sekolah yang diunggul-unggulkan hanya melihat hasil tanpa memikirkan proses. Sekolah ini melakukan berbagai cara agar kelihatannya bagus atau dengan istilah lain melakukan pencitraan. Disamping itu juga dari ciri-ciri sekolah unggul yang dihasil dari berbagai penelitian menunjukkan tidak ada secara jelas menunjukkan harus dengan sarana yang serba wah dan dengan dana yang besar. Jadi sekarang sekolah Anda termasuk yang mana? Atau bagi orang tua apakah ciri-ciri sekolah unggul itu? Agar lebih mudah melakukan penilaian maka dapat Anda lihat pada  rangkuman ciri-ciri sekolah unggul berikut yang berasal dari berbagai penelitian para ahli seperti di bawah ini:
1.        Staf profesional yang berkomitmen dan mempunyai keyakinan bahwa semua siswa bisa belajar. Waktu yang dibutuhkan oleh siswa untuk mempelajari materi yang sama mungkin sangat bervariasi tergantung pada potensi yang dimiliki siswa tersebut.
2.        Para guru memiliki harapan tinggi terhadap siswa mereka. Guru juga percaya dalam upaya mereka untuk membuat perbedaan dalam kehidupan para siswanya.
3.        Siswa percaya bahwa kesuksesan mereka di sekolah terkait dengan berapa keras mereka berusaha dan bukan kepada hanya kemampuan bawaan.
4.        Fungsi utama sebagai pemimpin sekolah adalah mensosialisasikan visi dan misi sekolah serta mengispirasi semua staf untuk bergerak menuju tujuan tersebut.
5.        Lingkungan sekolah yang aman dan tertib.
6.        Melanjutkan program pengembangan profesional dengan memberikan motivasi dan fasilitas.
7.        Tegas, konsisten dan jelas dalam menegakkan aturan. Perilaku mengganggu dan berbahaya tidak ditolerir. Aturan dan harapan secara jelas dikomunikasikan kepada semua komponen yang ada di sekolah.
8.        Iklim kerjasama terlihat di antara staf. Mereka bekerja sebagai sebuah tim. Kerjasama menjadi bagian dari budaya sekolah. Hubungan yang saling mendukung ada di antara pimpinan dengan staf.
9.        Siswa bersekolah dengan menunjukkan semangat tingkat tinggi. Mereka mengenali dengan baik sekolah mereka dan merasa nyaman berada di sekolah.
10.    Efektivitas pembelajaran dijaga. Gangguan dalam kegiatan pembelajaran diminimalkan.
11.    Orang tua merasa diterima di sekolah. Masyarakat mendukung program sekolah.
12.    Kemajuan siswa secara sistematis dipantau.
13.    Dihimbau agar staf memberikan masukan dalam mengambil suatu keputusan.
14.    Sikap siswa terhadap penyelesaian tugas tinggi.
15.    Penekanan pada pengembangan keterampilan dasar akademik siswa.
16.    Penekanan pada kontinuitas pembelajaran dari satu kelas ke kelas berikutnya.
Demikianlah ciri-ciri sekolah unggul, namun kalau kita simpulkan sekolah unggul ada beberapa komponen yang perlu diperhatikan. Komponen-komponen tersebut antara lain adalah iklim sekolah yang positif; proses perencanaan; harapan terhadap prestasi akademik; pemantauan terhadap kemajuan siswa; guru yang efektif; kepemimpinan kepala sekolah; pelibatan orang tua; kesempatan, tanggungjawab dan partisipasi siswa; ganjaran dan insentif di sekolah; tata tertib dan disiplin di sekolah; dan pelaksanaan kurikulum di sekolah.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar